Powered By Blogger

Minggu, 08 Mei 2011

Lean Accounting

Paper/jurnal untuk materi Lean Accounting belum saya terima (by email) sampai hari ini...(poin/kinerja ketepatan waktu bagi kel 8 kurang..)
Lean Accounting merupakan salah satu topik di Akuntansi Manajemen yang cukup menarik untuk disimak. Teori ini sudah diimplementasikan dengan pionirnya adalah TOYOTA. Kenapa TOYOTA?? Karena lean accounting memang dirancang khusus untuk perusahaan manufaktur...tapi apakah lean accounting ini dapat atau tidak dapat diterapkan di perusahaan non-manufaktur??
Nah, silakan kalian berkomentar untuk topik kali ini. Ingat, komen yang ditulis haruslah berdasarkan pemahaman dari jurnal yang sudah kalian baca serta hasil presentasi dan diskusi hari ini. OK!!

Selamat menulis....

17 komentar:

  1. Berdasarkan hasil presentasi dan jurnal yg saya baca dapat saya simpulkan bahwa lean accounting berkaitan dengan efisiensi produksi/ aktivitas perusahaan. Just in time adalah contoh bagian dari lean accounting. Perusahaan yg dpt menerapkan lean acoounting adalah perusahaan manufaktur.

    BalasHapus
  2. lean accounting jg dapat diterapkan pada perusahaan non manufaktur, seperti rumah sakit, bank, dll.. misalnya penerapan lean accounting pada bank, layout pd bank disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dan efisiensi operasi perusahaan, misalnya tata letak teller bank, form nasabah, anjungan ATM, dsb.

    BalasHapus
  3. Vini Widiantika 08121065

    lean accounting dapat juga di terapkan pada perusahaan non manufaktur,contoh pada perusahaan yang bergerak dlm industri jasa, dapat melakukan proses peningkatan produktivitas dan efisiensi, terletak pada mengelola sumber daya perusahaannya. seperti material,informasi,peralatan,dsb.

    BalasHapus
  4. Lean accounting dapat juga di terapkan pada perusahaan non manufaktur, contoh pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu seperti Rumah Sakit, Bank, Asuransi, Lembaga Pendidikan, Jasa Pengiriman dan lain-lain.

    BalasHapus
  5. Lean accounting dapat juga di terapkan pada perusahaan non manufaktur, contoh pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu seperti Rumah Sakit, Bank, Klinik Dokter, Perusahaan Leasing, Jasa Pengurusan Surat-Surat, Lembaga Pendidikan.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Lean accounting merupakan sistem yang mengatur kerapihan dalam pelaksanaannya.. sehingga Lean Accounting dapat juga di gunakan dalam bidang jasa seperti contoh ;
    Rumah sakit karena dalam rumah sakit pastinya tidak mungkin melakukan operasi di dalam ruang pasien pasti dilakukan dalam ruang operasi sehingga secara tidak langsung itu merupakan salah satu konsep dalam Lean Accounting..

    BalasHapus
  8. Lean accounting juga dapat diterapkan pada perusahaan non manufaktur seperti bank,terutama dikhususkan pada layoutnya.Pada dasarnya,kunci dari lean accounting adalah accurate planning dan scheduling dikarenakan lean accounting sangat ketat pada "quality dan timetable"

    BalasHapus
  9. nadya distiana 08121039

    lean accounting adalah suatu etode yang tdk hanya dapat digunakan pada perusahaan manufaktur, dari pertemuan kemarin , tanpa disadari lean accounting jg dapat diterapkan pada perusahaan jasa seperti di dunia perbankan isalnya para karyawan yang harus dengan cepat dn tanggap dalam melayani costumer, karyawan bagian depan seperti costumer service hanya bekerja pada saat ada costumer yg membutuhkan , begitu jg seperti apotik di rumah sakit yg hanya menyediakan obat resep pada saat pasien membutuhkannya.

    BalasHapus
  10. lean accoumting juga bisa digunakan pada perusahaan non manufaktur seperti rumah sakit, lembaga pendidikan & bank.dimna diarahkan ke layoutnya.pokoknya perusahaan yang bergerak dibidang jasa.

    BalasHapus
  11. kesimpulan yang saya peroleh dari presentasi senin yang lalu adalah bahwa penerapan lean accounting itu salah satunya adalah dengan just in time dan penyusunan layout pabrik yang sedemikian rupa sehingga bisa menghapuskan proses2 yang tidak bernilai tambah. karena lean accounting tdk sama dengan just in time, maka tidak seperti just in time yang hanya bisa diterapkan di perusahaan manufaktur, tapi lean accounting juga bisa diterapkan di perusahaan jasa..semisal restoran, bank dll..

    BalasHapus
  12. Lean accounting sendiri merupakan sistem akuntansi yang mengatur tentang kerapihan dalam pelaksanaanya sehingga dapat membuat perusahaan menjadi lebih efisien dengan menhhilangkan waste(limbah), dan lean accounting berbeda dengan JIT karena lean accounting juga bias di gunakan untuk perusahaan yang bersifat jasa seddangkan system JIt hanya terbatas pada manufaktur saja

    BalasHapus
  13. lean accounting merupakan system yang bias di gunakan di seluruh tipe perusahaan yang berfungsi agar perusahaan dapat mencapai efisiensi yang terletak pada pengelolaan sumber daya perusahaannya. seperti material,informasi,peralatan,dll.

    BalasHapus
  14. Luthfi Nurul Amalia Ningsih 07121066
    Dalam mengaplikasikan Lean Accounting, tidak lagi menggunakan metode-metode yang telah dikenal dalam akuntansi managemen(seperti standard costing, activity based costing, dan lainnya). Metode tersebut digantikan oleh teknik yang lebih sederhana seperti penentuan harga pokok berdasarkan beban langsung dan value streams yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.

    BalasHapus
  15. Cynthia Ayu (08121076)

    Lean Accounting adalah suatu proses pengefesiensian disuatu perusahaan, saat presentasi kemarin telah dijelaskan contoh pengefisiensi'an tersebut pada PT. Toyota yang hanya melakukan produksi saat adanya Pemesanan, dpt disimpulkan Efisiensi dilakukan oleh depatemen/divisi gudang(penyimpanan)--> tidak adanya persediaan merupakan penghapusan proses yg tidak bernilai tambah..
    dan telah diperjelas oleh dosen kami bahwa Lean accounting ini tidak hanya diterapkan pada perusahaan Manufactur tetapi dapat diterapkan juga pada perusahaan Non Manufacture.

    BalasHapus
  16. Fazlur Aditya R. (08121021)

    Tidak seperti JIT yang terbatas dan hanya dapat diterapkan di Perusahaan Manufaktur, Lean Accounting ternyata dapat di terapkan pada perusahaan Jasa (Non Manufaktur)dengan cara melakukan proses peningkatan produktivitas, efisiensi, dan mengeliminasi proses yang tidak bernilai tambah. terletak pada pengelola'an sumber daya perusahaannya. misal, Pada bagian Teller di Bank, Salon, Restoran, dsb.

    BalasHapus
  17. Teori Kendala (TOC) adalah filosofi manajemen keseluruhan diperkenalkan oleh Dr Eliyahu M. Goldratt pada tahun 1984 bukunya yang berjudul The Goal, yang bertujuan untuk membantu organisasi terus untuk mencapai tujuan mereka. [1] Judul ini berasal dari asumsi bahwa setiap sistem yang dikelola adalah lebih terbatas dalam mencapai tujuan dengan jumlah yang sangat kecil kendala, dan bahwa selalu ada setidaknya satu kendala. TOC proses berusaha untuk mengidentifikasi hambatan dan merestrukturisasi seluruh organisasi di sekitarnya, melalui penggunaan Fokus Lima Langkah.

    Proses Berpikir adalah satu set alat untuk membantu manajer untuk berjalan melalui langkah-langkah untuk memulai dan melaksanakan proyek. Ketika digunakan dalam alur logis, maka Proses Berpikir membantu berjalan melalui pembelian-dalam proses:

    1. mendapatkan kesepakatan tentang masalah
    2. keuntungan kesepakatan tentang arah solusi
    3. memperoleh kesepakatan bahwa solusi memecahkan masala
    4. setuju untuk mengatasi konsekuensi negatif yang potensial
    5. setuju untuk mengatasi kendala pelaksanaan

    BalasHapus