Powered By Blogger

Minggu, 27 Februari 2011

SAM (Seminar Akuntansi Manajemen)

Salah tujuan dari mata kuliah Seminar Akuntansi Manajemen ini adalah mengenalkan konsep akuntansi manajemen kepada mahasiswa untuk menghasilkan informasi biaya yang dibutuhkan pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan yang tidak hanya bersifat score keeping dan attention direction tapi juga problem solving. Mahasiswa juga diajak untuk memahami tema global terkini dengan orientasi customer satisfaction.

Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah seminar ini antara lain:
  1. Activity based costing
  2. Resources consumption accounting and cost behaviour
  3. Six Sigma
  4. Lean acocunting
  5. Good corporate governance
  6. Social responsibility accounting
  7. Transfer pricing
  8. Theory of constraints
  9. dan lain2
Pertemuan seminar kali ini dilaksanakan agak berbeda dengan pertemuan sebelumnya karena dilaksanakan di laboratorium komputer. Hari ini mahasiswa diminta untuk mencari jurnal dari Proquest dengan topik yang sesuai dengan silabi (topik2 diatas). Setelah itu mahasiswa diharuskan membuat laporan kerja kelompok dengan menyajikan judul jurnal, landasan teori, tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil penelitian dan analisis, serta kesimpulan. Setiap kelompok wajib membagi tugas sesuai dengan jumlah anggotanya. Hasil kerja kelompok ini akan menjadi nilai kuis bagi setiap kelompok. Nilai akan diperoleh hanya jika laporan kerja kelompok dikirim lengkap melalui email lelydahlia@stekpi.ac.id dengan melampirkan jurnal yang dipilih beserta laporan hasil kerja kelompok. Selamat berkarya....

33 komentar:

  1. fatra kelompok 8

    saya mengerjakan kesimpulan tentang ABC
    kuis ini membuat saya lebih mengerti pengertian ABC
    serta menambah pengetahuan saya terhadap ABC
    kuis ini sangat bagus sekali
    menabah wawasan kita

    kok ga ad foto saya sih bbu
    jahat deh :(

    oia bu
    absen saya jangan lupa yah bu

    mahasiswa terbaik

    riadi fatra
    08121081

    BalasHapus
  2. Fera Handayani
    untuk kuis hari ini waktu na kurang banyak bu....
    dari kuis hari ini saya mengerjakan bagian Hasil Penelitian dan Analisa....
    sebelum mengerjakan saya kebingungan karena harus membaca artikel dulu....

    BalasHapus
  3. iin:
    adw pokonya wktunya kurang banyak......
    trusss...pas nerjain latar belakang kebingungan biasanya butuh wkt 2 hari wat ngerangkai kata-katanya tpi ini disuruh cpt bgt....bsok klo ada kuisa lagi wktunya sampe azan aj y bu...hehehe

    BalasHapus
  4. Tujuan mata kuliah ini penting sekali untuk mereview mata kuliah konsentrasi. Cara belajarnya juga efektif karena setiap minggu masing" kelompok mempelajari jurnal tentang Bab yang dibahas per pertemuannya.

    Nice Work Mam!


    From: Gilang Anggoro (10124001)

    BalasHapus
  5. safitriani hussen..
    assalamulaikum bu yang susah nmuinnya..hehehe..
    bu waktu ya kurang. andai saja ditambah mungkin kita akan lebih memahami secara keseluruhan maksud dari jurnal yang tadi..sukses bu cantq

    BalasHapus
  6. seminar akmen.. banyak hal baru yg didapet
    -RICHO

    daricabang akmen lainnya..
    yg lebih penting lg.. bener'' brasa mandiri.. g disuapin terus..
    hehe

    tujuannya jelas pastinya.. "lebih mendalami akmen dengan usaha sendiri"..
    klo yg tidak berusaha sendiri siapa yang bisa bantu mengusahakan..???

    salam...

    BalasHapus
  7. Di mata kuliah ini metode pembelajarannya tidak membosankan, disamping mata kuliahnya diajarkan dengan ringan dosennya juga dengan sabar membimbing kami sampai kami mengerti

    BalasHapus
  8. ass

    Di kuis kemarin saya mengambil jurnal tentang topik ABC (activity based costing). Kemarin saya mengerjakan metode penelitian. di jurnal kemarin sumber data banyak diambil dari data sekunder.

    Kuis kemarin membuat saya lebih memahami tentang
    topik abc.

    saya berharap dengan mata kuliah ini dapat memperdalam pengetahuan tentang akmen.

    Septiadi Putranto
    (08121070)

    BalasHapus
  9. vini :
    ass bu lely dalam kuis kmrn saya kelompok 6 mengambil topik activity based costing, cara kuis seperti ini lebih asik bu, memahami dengan jurnal membuat saya lebih mengerti topik ABC yang saya kerjakan kemarin.

    saya berharap dalam matkul seminar akmen ini saya bisa dapat memahami tiap tiap topik dalam matkul ini. terimakasih bu lely ;)

    BalasHapus
  10. novita :

    assalamualaikum bu lely.
    dalam kuis mata kuliah SAM saya kelompok 6 mengambil topik ABC. Saya mengambil jurnal ABC dalam kinerja manajemen. Pada kuis kemarin saya dan kelompok mengerjakan mulai dari latar belakang, metodologi penelitian, samapai kesimpulan. Kesulitan nya pada saat mencari metodologinya. Kesimpulan yang saya dapat ABC dapat diimplementasikan dengan baik oleh manajemen apabila alokasi cost drivernya tepat.

    Mata kuliah Sam ini sangat membantu dalam memahami setiap topik yang dipelajari,dan dibantu dengan bu lely, saya menjadi lebih paham..

    novita 08121042

    BalasHapus
  11. assalamualaikum ibu..

    saya anggi (08121030) dr kelompok 7.
    pada kuis SAM snin kemarin, kel saya mengambil topik tentang Customer Profitability, dengan judul jurnal "Customer Profitability Pricing"

    waktu yang dibutuhkan utk menganalisis isi jurnal, sangat kurang bu :( ngerjainnya jadi buru2 deh..

    metode pembelajaran matkul SAM ini sangat menarik, membuat mahasiswa menjadi lebih aktif lagi..

    dengan adanya matkul SAM ini dpt menambah pengetahuan dan kemandirian mahasiswa..

    trima kasih ya ibu, utk kesabarannya dalam membimbing dan menjawab stiap prtnyaan dari kami.. :)

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. assalamualaikum ibu cantik :D

    saya nadya distiana 08121039 kelompok 7.
    komentar saya terhadap kuis yg kemarin,,
    karena saya terlambat datang, saya tidak berkontribusi mengerjakan dari awal hingga akhir.

    namun saya tetap berusaha untuk memahami apa yang kami kerjakan. kelompok kami mengambil bab "customer profitability price"
    bab ini memberikan kami pemahaman bahwa pelanggan memiliki peranan penting bagi perusahaan.
    saya turut mengerjakan bagian analisis dan kesimpulan,

    mata kuliah SAM ini memberikan kami semua inspirasi untuk menghadapi skripsi nanti.
    disajikan dengan tehnik presentasi yang memberikan kami kebebasan dalam berpendapat membuat kami lebih mudah memahami materi.
    disamping itu, bu lely juga selalu menyampaikan materi yg mudah di pahami.

    terimakasi bu, smoga mata kuliah ini dapat bermanfaat buat kami dan ibu selalu setia membimbing kami :)

    BalasHapus
  15. halo bu...
    matakuliah seminar akmen ini metode belajarnya asik. bikin kita jadi aktif, yaah walaupun saya kemaren presentasinya sendri tapi gapapa deh. ibunya baik dan sabar banget

    kuis kemaren juga bikin saya lebih banyak tau tentang customer profitability. pokonya ibu paling top deh hehee

    marcia asishia t (08121033)

    BalasHapus
  16. ibuuu, saya ayang bu hehe
    annisa mayang hefanti (08121003)

    metode perkuliahan SAM fun bgt bu. dan bener" bermanfaat buat kita semua terutama saya pribadi. karna lewat mata kuliah ini kita bisa tau apa aja kasus-kasus yg terjadi dalam penerapan metode yang ada di akuntansi manajemen.

    apalagi kuis kmrn, karena kelompk saya memilih topik customer profitability saya jadi tau sbnr nya apa itu customer profitability, bagaimana penerapan nya, dan apa kendalanya serta apa yg terjadi (kasus) pada perusahaan yang menerapkan sistem tersebut pada saat masa ekonomi yang paling suilt. pokok nya mantab buu. hehehe.

    BalasHapus
  17. askum...
    bu..nih saya mohamad harisardi pardilah 08121036 pengen ngomenin kuis kemaren...
    kemaren judul jurnal kelompok saye judulnye
    "A New Look At Management Accounting" saya kebagian ngerjain mengenai hasil penelitian dari jurnal tersebut...
    mengenai metode pembelajarannya asik2 aja dan saya berharap di matkul ini saya bisa meahami stiap topik de SAM ini...
    terimakasih bu...

    BalasHapus
  18. assalamualaikum
    saya suluh (08121058)
    menurut saya kuis kemarin banyak manfaanya selain dapat ilmu dari jurnal mengenai " a new look at management accounting" juga kita bisa belajar bekerja sama dalam membagi tugas agar bisa di selesaikan dengan cepat.....

    BalasHapus
  19. assalammualaikum..
    saya ryan..
    menurut saya kuis yang kemarin sepertinya kelompok kami salah pilih jurnal..
    soalnya data yang diperoleh kurang lengkap sehingga kami harus menambahkannya dengan pemahaman yang kami tau..
    lalu waktu yang di berikan kurang banyak..
    terus kelo untuk matkulnya sendiri sih asyik" aja soalnya menurut saya selain kita dapat ilmu yang bermanfaat kita juga dapat belajar bekerja sama dan bisa belajar berani untuk tampil berbicara di tetap umum untuk berpresentasi..
    sekian...
    wassalam..

    BalasHapus
  20. assalamualaikum bu lely..

    saya oki sulistyowati (10124007)
    komentar saya,,kuis kemarin,,sepertinya mayoritas kelompok milih topik ABC sama CP..

    jurnal yang kelompok saya pilih tentang ABC dalam laporan laba rugi..

    waktunya kurang bu..agak kebirit-birit..

    tapi,, di luar itu semua,, kuis ini melatih tiap kelompok untuk kerja sama, diskusi bareng apa maksud yang ada dalam jurnal,,trus dikaitkan sama teori-teori yang udah dipelajarin..

    wassalam..

    BalasHapus
  21. ass,bu lely
    untuk kuis seminar akmen waktu di perpanjang ya bu...
    kelompok saya mengerjakan tentang CSR.
    untuk metodologi penelitiannya sedikit sulit menetukan metode yang di gunakan karena memakai undang-undang yang berlaku.:)
    oya bu nilainya yang bagus ya bu hehehe
    untuk kls semnar akmen the best...:)

    BalasHapus
  22. assalamualaikum ibu yang baik hati :)

    menurut saya matakuliah seminar akmen ini bermanfaat banget bu, karena belajarnya sama ibu jadinya ga tegang bu bljrnya.hehe
    selain itu matakuliah ini juga bikin kita semakin aktif, walaupun saya ga ikut presentasi, tapi saya merasa matakuliah ini penting bu, makanya saya minta presentasi brg klmpk lain.blh ya bu.hehhe

    waktu kuis hari senen kemaren kelompok saya ngambil topik customer profitability dari jurnal improving warehouse profitability in difficult times, dari kuis ini saya jadi mengerti cara bagaimana meningkatkan profitabilitas pelayanan pelanggan.

    kalo bisa sih bu waktu kuisnya lebih diperpanjang biar lebih maksimal ngerjainnya.hehe :)

    Rima Oktoriani (08121051)

    BalasHapus
  23. assalamualaikum bu lely...
    Maaf sonny baru isi komen skarang, blog nya bagus bu... Hehehe..

    Oia kemaren kelompok sonny kuisnya bahas jurnal CSR bu..
    Seru banget kuisnya.. (waktunya kurang bgt)
    hahahaha... Tp kelompok kita dah berusaha sebaik mungkin bu...

    Kelas seminar akmen tu lumayan asik, lumayan seru, lumayan sulit, tapi karna dosen nya yg top margotop, kata2 'lumayan' dan 'sulit' insya ALLAH ilang bu... Hehehe..
    Mungkin lingkungan yg agak baru buat sonny yg pindahan dr D3..

    Udah deh gtu aja ya bu.. Makasi.... Hehehe
    M.sonny handoko
    (10124012)

    BalasHapus
  24. assalamualaikumm ibu lely yg cntikkk>>>
    heheee..
    inii Andini ( 10124005)
    maaf buu baruu bsaa komen skrgg ,,
    mnrutt aq untuk quiz yang pertama kmarin trlaluu smpiit buu waktunyaa ,, kaloo bisaa pas sm wktuu dan materii yang harus dikejakannya juga sepadan bu sm waktunya biar kita ngrjain kuis nya juga maksimall ...

    okee dee buu gituu ajaa darii aq ...
    samlikuuummmm ....^_^

    BalasHapus
  25. ass..
    ibuuu maaf baruu comment ..
    hehe
    inii achie
    Yaumil Asri ( 10124008 )

    mnurutt aku klas seminar akmen ckup seru dan mnegangkann buu..
    heheee..
    karna materii2 yang adaa harus bnerr2 dipahamii bangeett..
    kalo untuk kuis perdana yang kemarin , mnrut aku wktunyaa terlalu cepeet vuu , kalo bisa materi yang akan di kuisin dikurangin supaya kita bisa ,maksimal ngerjain kuisnyaa buu..

    okee dehh buu sgtuu ajaa ,, kalo adaa salah kata maapin yaa buu ...
    hehee
    assalamualaikummm

    BalasHapus
  26. aslamulaikum bu,,,
    saya dian (10124006)

    mnurut saya kuliah seminar akmen tw,,,lumyna sush bu,,,tp menyenangkan jg si bu klu bu yg ngajar he,,,he,,,

    mnurut saya quis kmrn wktunya kcepatan bu,,,tp lumayan si bu quis ny kelompok,,bsok-besok quisny klompok terus ya bu he,,,he,,,bercanda bu.

    oh ya bu kmrn klompok dian ngbahas CSR bu,,,agak sdikit ksulitan si bu tp alhamdullilah akhirnya bisa juga si,,,bu

    ywdh deh bu tw aj dr dian
    trims ya bu

    BalasHapus
  27. ibuuuu...ini ud ketiga kalinya saya nulis, setelah yg pertama gara2 suami sy munculnya malah nama dia, dan yang kedua tiba2 ga bisa di post.

    buuu...poknya top deh ide buat blog gini, kalo bisa banyakin artikelnya buu..six sigma tu materi yang menarik sepertinya.. hehehe,

    BalasHapus
  28. Assalamulaikum ibuu..
    Aq mau memberi kesimpulan atas presentasi yang saya tampilin kemarin.

    Pada presentasi yang pertama yaitu tentang Harga profitabilitas pelanggan, Kesimpulannya adalah Hasil survei menunjukkan bahwa hubungan antara kematangan dalam perdagangan, termasuk adopsi eksplisit CPA, dapat meningkatkan kinerja bisnis, Studi menunjukkan bahwa 57% dari seluruh responden mengukur profitabiitas pelanggan.
    Sedangkan pada presentasi yang kedua yaitu tentang Evaluasi sederhana profitabilitas pelanggan yang memakai metode kesetaraan yaitu Dari sudut pandang teknis, metode UVA menawarkan orisinalitas dan keuntungan yg nyata bagi perusahaan,Analisis ini meningkatkan keandalan hasil akuntansi manajemen.

    Demikian kesimpulan yang bisa saya paparkan, kurang lebihnyaa maaph yaa buu..
    hehee
    Wass...

    BalasHapus
  29. Assalmualaikum saya Yaumil Asri
    ( 10124008 ), mau kasih kesimpulan tentang presentasi yang kemarin saya dan kelompok saya berikan ..
    Menurut pendapat sayaa , kesimpulannya adalah jika dilihat dari sudut pandang teknis, metode UVA menawarkan orisinalitas dan keuntungan yg nyata bagi perusahaan,Analisis ini meningkatkan keandalan hasil akuntansi manajemen, Selanjutnya Hasil survei menunjukkan bahwa hubungan antara kematangan dalam perdagangan, termasuk adopsi eksplisit CPA, dapat meningkatkan kinerja bisnis, Studi menunjukkan bahwa 57% dari seluruh responden mengukur profitabiitas pelanggan.

    BalasHapus
  30. selamat malam semua,

    saya mau berbagi sedikit kesimpulan yang saya dapat dari pertemuan senin yang lalu,

    customer profitability itu salah satu bentuk pengukuran, profit atau tidaknya seorang customer. hal ini sangat penting sebenarnya buat perusahaan, memilah mana customer yang profit dan mana yang kurang profit, sehingga perusahaan juga bisa menyesuaikan bagaimana pelayanan yang sebaiknya diberikan oleh perusahaan terhadap customer yang sudah terkelompokkan itu. namun sayangnya, baru 57% perusahaan yang aware dengan customer profitability...kenapa tu?

    btw bu, ada yang nungguin ni artikel six sigmanya..gaak sabar pengen baca .hahaha.

    BalasHapus
  31. Ibu Lely : “ Jelaskan bagaimana cara menekan biaya kualitas?”
    Gilang : “ Menurut saya, yaitu dengan melakukan serangan langsung (counter attack) terhadap biaya kegagalan untuk memaksanya menuju titik nol. Intinya adalah ketika perusahaan menambah biaya pencegahan dan penilaian serta menurunkan biaya kegagalan, mereka selanjutnya dapat mengurangi biaya pencegahan dan penilaiannya itu sendiri. Sesuatu yang berbanding terbalik berubah menjadi pengurangan biaya permanen disemua kategori biaya kualitas.
    Sebagai contoh, misalnya sebuah perusahaan memutuskan untuk memperbaiki kualitas input bahan bakunya melalui penerapan program seleksi pemasok. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan menggunakan pemasok yang bersedia memenuhi standar kualitas kualitas yang tertentu. Ketika perusahaan mulai menjalankan program tersebut, biaya tambahan mungkin terjadi (misalnya peninjauan data-data pemasok, komunikasi dengan pemasok, negosiasi kontrak, dll). Dan sejak awal pelaksanaan program, biaya pencegahan dan penilaiannya tetap dianggarkan dalam jumlah yang tetap sama dengan sebelumnya. Akan tetapi, ketika program telah dijalankan secara penuh dan bukti telah menunjukan bahwa biaya kegagalan turun misalnya karena berkurangnya biaya pengerjaan ulang, berkurangnya keluhan pelanggan, dan berkurangnya perbaikan, maka perusahaan dapat memutuskan untuk mengurangi kegiatan pemeriksaan bahan baku, mengurangi tingkat kegiatan penerimaan barang dan seterusnya. Efeknya adalah pengurangan pada seluruh kategori biaya kualitas. Amin. Terima kasih “

    Gilang anggoro (10121001).


    Recommended blogger!
    Recommended blogger!
    Recommended blogger!

    BalasHapus
  32. Luthfi nurul a n
    07121066
    Good Corporate Governance
    secara teori:

    Good corporate governance (GCG) secara definitif merupakan sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan yang menciptakan nilai tambah (value added) untuk semua stakeholder (Monks,2003). Ada dua hal yang ditekankan dalam konsep ini, pertama, pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar dan tepat pada waktunya dan, kedua, kewajiban perusahaan untuk melakukan pengungkapan (disclosure) secara akurat, tepat waktu, transparan terhadap semua informasi kinerja perusahaan, kepemilikan, dan stakeholder.

    namun jika ditelaah dalam dunia nyata penerapan GCG di indonesia masih setengah setengah, terutama jika di lihat dari sektor publik. dimana dapat kita lihat saat ini sektor publik cenderung berubah menjadi profit center.

    BalasHapus
  33. Luthfi Nurul Amalia Ningsih 07121066

    Corporate Social Responsibility(CSR)

    Pada dasarnya CSR adalah suatu konsep di mana organisasi, khususnya perusahaan memberikan tanggung jawab secara berkelanjutan kepada stakeholdernya(konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan) yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaaan di mata masyarakat. Namun dalam implementasinya banyak perusahaan yang baru melakukan CSR setelah nama baiknya turun.

    Saat ini CSR belum diwajibkan bagi seluruh perusahaan, CSR hanya diwajibkan untuk perusahaan perusahaan yang berhubungan langsung dengan lingkungan hidup, seperti penambangan.

    BalasHapus