Powered By Blogger

Minggu, 06 Maret 2011

Customer Profitability Analysis

Topik CPA (Customer Profitability Analysis) merupakan salah satu topik yang cukup menarik untuk disimak. Topik ini merupakan suatu pendekatan dimana sistem akuntansi fokus pada pelanggan (customer). CPA mengalokasikan pendapatan dan biaya ke segmen pelanggan dan atau pelanggan individual. Menurut Kaplan dan Narayanan, informasi CPA dapat membuka peluang bagi perusahaan untuk mentransformasi customer yang unprofitable menjadi profitable.

Mengapa CPA penting???

Nah, tugas andalah untuk mengomentari topik ini...

13 komentar:

  1. Indra Anggi Putri (08121030)

    CPA penting bagi perusahaan, seiring dengan banyak perusahaan yang tidak menyadari bahwa pelayanan yang diberikan kpd pelanggan sebenarnya merugikan perusahaan. hal ini disebabkan oleh ketidakcermatan perusahaan didalam menganalisis untung rugi perusahaan atss biaya yang telah dikeluarkan untuk melayani pelanggan. dengan CPA dapat memberikan dasar keputusan bagi perusahaan, baik keputusan harga, informasi, rencana bonus serta diskon yang akan diberikan kepada pelanggan.

    CPA dapat melihat secara dekat mengenai biaya pada masing2 segmen, dimana biaya tersebut nantinya akan dibandingkan dengan keuntungan yang dihasilkan dari proses yang terkait dengan operasi pada setiap segmennya yang hasilnya dapat mengidentifikasikan pelanggan yang menguntungkan dan pelanggan yang tdk menguntungkan bagi perusahaan.

    Perbedaan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk tiap pelanggan bergantung pada jenis pelanggan, ukuran pesanan, serta tingkat pelayanan.

    komentarnya sgitu aja ya bu :D

    BalasHapus
  2. CPA adalah suatu pendekatan dimana sistem akuntansi menempatkan pelangggan sebagai pusatnya (mengalokasi pendapatan dan biaya).

    Ciri khas dari CPA:
    1. Berfokus pd beberapa transaksi dgn pelanggan
    2. Berfokus pd beberapa produk yg dibeli oleh satu pelanggan.
    3. Mencakup biaya yg terkait dengan pelanggan.

    CPA penting bagi perusahaan, karena berkaitan dengan penyediaan pelayanan yg dapat menetapkan harga:
    1. Memotivasi perilaku yg lbh efisien baik pemasok maupun pelanggan
    2. Menyeimbangkan permintaan jasa antara pemasok dengan pelanggan
    3. Transformasi hubungan tidak menguntungkan ke hubungan menguntungkan.

    Sekian dech komentar dari Fera.....

    BalasHapus
  3. CPA penting bagi perusahaan karena dapat dihitung revenue (pendapatan) yang dilakukan oleh seorang customer sepanjang dia menjadi pelanggan produk perusahaan itu (lifetime value of customer). Kemudian estimasi revenue ini dibandingkan dengan biaya akuisisi (customer acquisition cost) dan juga biaya pemeliharaan supaya pelanggan loyal (maintenance cost). Jika potensi revenue lebih tinggi, berarti pelanggan itu menguntungkan. Namun jika lebih rendah, maka pelanggan itu tidak memberikan sumbangan profit bagi perusahaan.

    Analisa Customer Profitability memberikan informasi yang penting bagi perusahaan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Analisa ini akan membantu menentukan:
    • Berapa banyak pelanggan yang menguntungkan bagi perusahaan
    • Seberapa tergantungnnya perusahaan terhadap pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Biaya untuk melayani pelanggan tersebut termasuk iklan, maketing, administrasi dan layanan after sales
    • Pelanggan yang mana yang menjadi target dari kompetitor anda....

    BalasHapus
  4. CPA sangat penting bagi perusahaan karena dengan CPA memiliki ciri:
    -Memotivasi perilaku yang efisien
    -Menyeimbangkan permintaan jasa antara pemasok dan pelanggan
    -transformasi hubungan tidak menguntungkan ke hubungan yang menguntungkan

    dengan CPA perusahaan juga dapat menilai tingkat loyalitas pelanggan perusahaan tersebut

    Faktor penentuan harga penting karena dengan menentukan harga yang tepat merupakan salah satu manajemen yang paling mendasar dan penting.

    BalasHapus
  5. CPA itu penting karena berfokus pada biaya-biaya penjualan, umum, dan administratif. Analisis tersebut menganalisis aktivitas, mengidentifikasi penggerak biaya yang tepat, dan menentukan laba yang terealisasi dari pelanggan. Analisis profitabilitas pelanggan memungkinkan para manajer untuk :
    * Mengidentifikasi pelanggan yang paling menguntungkan
    * Menurunkan biaya pelayanan masing-masing pelanggan
    * Menetapkan kembali biaya untuk atau harga dari biaya aktivitas pelayanan yang tinggi
    * Mengurangi jasa
    * Memperkenalkan produk dan jasa baru
    * Menaikkan harga untuk pelanggan yang sangat menuntut
    * Meninggalkan proiduk, jasa, atau pelanggan

    Pemahaman yang baik mengenai profitabilitas dari pelanggan perusahaaan, baik yang ada saat ini maupun yang potensial, dapat membantu perusahaan mencapai tujuan, meningkatkan pendapatan, dan memperkuat posisi strategis. Para akuntan manajemen, sebagai mitra manajemen strategis, dapat meningkatkan kesuksesan jangka pendek maupun jangka panjang organisasi dengan menyediakan analisis profitabilitas pelanggan yang tepat.

    BalasHapus
  6. M. Harisardi. Pardilah (08121036)

    Analisa customer profitability memberikan informasi yang penting bagi perusahaan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. dan analisis ini membantu perusahaan dalam menentukan:
    1. berapa banyak pelanggan yang menguntungkan bagi perusahaan
    2. seberapa tergantungnyaperusahaan terhadap pelanggan yang menguntungkan perusahaan tersebut
    3. berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk pelanggan yang menguntungkan tersebut
    4. biaya untuk melayani pelanggan tersebut termasuk iklan, marketing, administrasi dan layanan after sales
    5. pelanggan yang mana yang menjadi target dari kompetitor perusahaan

    sumber: " vibizmanagement.com/journal/index/category/services_crm/.../20 "

    BalasHapus
  7. cpa..

    keuntungan yang di dapat oleh sebuah perusahaan tidak hanya dapat di lihat melalui angka-angka keuntungan yang di dapat.
    saat ini terdapat analisis melalui pendekatan ke arah konsumen atau yang kita kenal dgn CPA yang dibahas kemarin di seminar.

    cpa digunakan untuk menentukan bagaimana pengalokasian sumber daya yang dimiliki perusahaan kepada tiap-tiap pelanggan, sehingga perusahaan dapat tau, apakah pengalokasian tersebut dapat efektif melalui profit yang dihasilkan oleh masing-masing pelanggannya.

    cpa bermanfaat untuk membantu organisasi dalam perusahaan menentukan aktivitas nama yg perlu di pertahankan atau dikurangi sehingga menghasilkan profitabilitas, menurunkan atau mengurangi ketidak puasan konsumen , dan menjelaskan gambaran dari nilai setiap konsumen.

    BalasHapus
  8. anita septiani - 08121002

    Dengan CPA perusahaan bisa menganalisa kemungkinan profitabilitas pelanggan menjadi lebih relevan untuk pelayanan, kemudian CPA juga menerapkan cara menentukan bagaimana melayani pelanggan tertentu menyebabkan penentuan aktivitas untuk dilakukan dan biaya-biaya yang timbul, dan CPA juga penting untuk mengetahui profitabilitas pelanggan melalui identifikasi biaya-biaya dan keuntungan-keuntungan jenis pelanggan atau pelanggan spesifik untuk mampu meningkatkan suatu profitabilitas keseluruhan.

    Dan untuk memperbaiki semua itu perusahaan bs menganalisa mana profit yg mrnguntungkan dan tidak menguntungkan bagi perusahaan yang dimana profit yg tidak menguntungkan bs menguntungkan bagi perusahaan dengan menjalin komunikasi yg lebih baik kepada customer , menampung aspirasi customer (kritik dan saran ) menjadi feedback bagi perusahaan , dengan adanya kritik dan saran maka perusahaan bisa memperbaiki apa saja kekurangan yg ada dlm perusahaan tersebut sehingga dpt lebih dalam memuaskan pelanggan , selain itu bs menciptakan produk2 yg lebih berkualitas yg bs memuaskan para pelanggan , kemudian dr segi harga juga masuk dalam semua kalangan ,

    BalasHapus
  9. CPA adalah cara cermat untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dengan memperhatikan untung rugi perusahaan. Analisanya disebut sebagai customer profitability analysis. Dalam analisa ini dihitung revenue (pendapatan) yang dilakukan oleh seorang customer sepanjang dia menjadi pelanggan produk perusahaan itu (lifetime value of customer). Kemudian estimasi revenue ini dibandingkan dengan biaya akuisisi (customer acquisition cost) dan juga biaya pemeliharaan supaya pelanggan loyal (maintenance cost). Jika potensi revenue lebih tinggi, berarti pelanggan itu menguntungkan. Namun jika lebih rendah, maka pelanggan itu tidak memberikan sumbangan profit bagi perusahaan.

    Analisa Customer Profitability memberikan informasi yang penting bagi perusahaan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Analisa ini akan membantu anda menentukan:
    • Berapa banyak pelanggan anda yang menguntungkan bagi perusahaan
    • Seberapa tergantungnnya perusahaan anda terhadap pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Biaya untuk melayani pelanggan tersebut termasuk iklan, maketing, administrasi dan layanan after sales
    • Pelanggan yang mana yang menjadi target dari kompetitor anda

    Septiadi Putranto
    (08121070)

    BalasHapus
  10. CPA itu pnting karena dapat membantu membedakan mana pelanggan yang menguntungkan dan pelangan yang tidak menguntungkan..

    Memberikan pandangan yang berharga mengenai faktor-faktor yang menimbulkan perbedaan di antra kedua jenis pelangan tersebut.

    Menunjukan cara meningkatkan laba tanpa meningkatkan harga, dan meningkatkan keuntugan atau efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuannya. . .

    M.sonny handoko
    10124012

    BalasHapus
  11. riadi fatra
    08121081

    KONSEP CUSTOMER PROFITABILITY
    Customer Profitability (CP) adalah ukuran tingkat
    kontribusi keuntungan tiap pelanggan terhadap total
    keuntungan perusahaan. Atau dengan kata lain
    seberapa menguntungkan seorang pelanggan di mata
    perusahaan.
    Pelanggan yang menguntungkan harus dijaga agar
    loyal. Jika belum menguntungkan, hubungan dengan
    pelanggan perlu dikembangkan sampai
    menguntungkan. Jika tetap tidak menguntungkan,
    tidak ada salahnya mengurangi intensitas bahkan
    memutuskan hubungan daripada menjadi beban bagi
    perusahaan.
    Jika data CP dikaitkan dengan data interaksi
    perusahaan terhadap pelanggan, maka kita bisa
    mendapatkan informasi dampak dari suatu interaksi
    terhadap CP pelanggan.

    BalasHapus
  12. Customer Profitability adalah cara cermat untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dengan memperhatikan untung rugi perusahaan. Analisanya disebut sebagai customer profitability analysis. Dalam analisa ini dihitung revenue (pendapatan) yang dilakukan oleh seorang customer sepanjang dia menjadi pelanggan produk perusahaan itu (lifetime value of customer). Kemudian estimasi revenue ini dibandingkan dengan biaya akuisisi (customer acquisition cost) dan juga biaya pemeliharaan supaya pelanggan loyal (maintenance cost). Jika potensi revenue lebih tinggi, berarti pelanggan itu menguntungkan. Namun jika lebih rendah, maka pelanggan itu tidak memberikan sumbangan profit bagi perusahaan.

    Analisa Customer Profitability memberikan informasi yang penting bagi perusahaan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Analisa ini akan membantu anda menentukan:
    • Berapa banyak pelanggan anda yang menguntungkan bagi perusahaan
    • Seberapa tergantungnnya perusahaan anda terhadap pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk pelanggan yang menguntungkan tersebut
    • Biaya untuk melayani pelanggan tersebut termasuk iklan, maketing, administrasi dan layanan after sales
    • Pelanggan yang mana yang menjadi target dari kompetitor anda

    GILANG ANGGORO (10124001)

    BalasHapus
  13. CPA sangat penting bagi perusahaan untuk memperoleh atau meningkatkan volume dan margin bagi perusahaan.dengan menggunakan CPA, terapat biaya-biaya yang harus diberikan perusahaan kepada konsumen untuk menjaga agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.

    cpa bertujuan untuk :
    1.untuk mengukur profitabilitas dari konsumen yang telah ada atau tipe konsumen yang ada. CPA dapat menunjukan cost benefit analisis untuk mengidentifikasi konsumen yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan. informasi ini menolong organisasi untuk menjamin bahwa konsumen tersebut profitable. dua hal ini juga aka menurunkan jumlah konsumen yang tidak menguntungkan.
    2.untuk menganalisis konsumen yang efektif atau tidak dengan aktivitas yang berhubungan. analisis ini memberikan informasi bagi perusahaan aktivitas mana yang harus dipertahankan atau dikurangi sehingga dapat meningkatkan profitabilitas, menurunkan atau mengurangi ketidakpuasan konsumen dan menjelaskan gambaran dari nilai konsumen.

    sekiannnn.......

    BalasHapus