Powered By Blogger

Minggu, 01 Mei 2011

CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu bentuk tanggung jawab perusahaan, dimana perusahaan dalam menjalankan operasinya selayaknya tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga memperhatikan kesejahteraan stakeholdernya termasuk keselamatan lingkungan, terutama lingkungan dimana perusahaan tsb beroperasi.
Pada umumnya program CSR di Indonesia dapat menjadi bagian dari strategi perusahaan, promo positif bagi citra perusahaan, atau dilakukan hanya sebagai bagian dari kewajiban memenuhi peraturan pemerintah (mandatory rule), terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya alam.
Menurut saya, implementasi CSR oleh perusahaan seharusnya dilandasi dengan prinsip sincerity, artinya semua tindakan penyelamatan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dilakukan dengan dasar ketulusan (bukan sekedar tameng untuk meraup keuntungan dari masyarakat), sehingga kesejahteraan kehidupan yang berkelanjutan (sustainable) akan tercapai.
Nah, bagaimana pendapat anda??

21 komentar:

  1. pendapat saya sama. CSR itu bagus. Tp kayaknya masih ada program CSR yg salah sasaran. Sekian.

    BalasHapus
  2. vini widiantika 08121065

    menurut saya CSR harus di lakukan secara berkelanjutan bukan hanya untuk mencari perhatian dari lingkungan sekitar tetapi untuk memperoleh ekonomi yang menjadi tujuan. sehingga csr dapat digolongkan sbg investasi dan menjadi strategi bisnis.

    BalasHapus
  3. menurut saya CSR emang harus digalakan untuk lingkungan sekitar.dan juga berdapampak positif untuk masyarakat.dan CSR juga bisa dibilang bisnis yabg transparan dan terbuka.

    BalasHapus
  4. menurut saya CSR sangat berperan dalam menghadapi tantangan suistainability dimana perusahaan harus mempertanggungjawabkan keberlanjutan terhadap para stakeholder terutama pada lingkungan dimana perusahaan tersebut beroperasi.

    BalasHapus
  5. menurut saya CSR itu sangat penting bagii perusahaan perusahaan terutama perusahaan swasta ,, akan tetapi perusahaan pemerintah pun perlu adanyaa csr..
    Dengan demikian CSR merupakan salah bagian yang paling penting bagi perusahaann ...

    BalasHapus
  6. menurut saya penerapan CSR di perusahaan bukan hanya untuk meningkatkan reputasi dan citra perusahaan, tetapi penerapan CSR ini harus serius dilakukan agar mengurangi dampak negatif dr ketiga aspek yaitu Ekonomi, Sosial dan lingkungan.

    BalasHapus
  7. menurut saya, CSR itu sangat penting karena kegiatan CSR akan mendorong terciptanya kondisi sosial perusahaan yg harmonis, terutama dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian, masyarakat di sekitar perusahaan akan merasakan manfaat positifnya bukan sebaliknya.

    BalasHapus
  8. CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

    tetapi banyak berfikir, csr berbentuk kegiatan sosial yang berhubungan dengan lingkungan saja saja, terdapat beberapa perusahaan yg memberikan bentuk CSR nya berupa pinjaman kpd UKM, kemudian ada juga yg membuat program csr nya dlm bentuk pendidikan / membuat instansi pendidikan. dan masih bnyk lg..

    BalasHapus
  9. menurut saya penerapan CSR itu penting,karena CSR merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. disamping dapat meningkatkan citra perusahaan, CSR juga berfungsi utk meminimalkan dampak sosial. Implementasi CSR yang sebanding dengan operasional perusahaan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak,dimana perusahaan mendapatkan profit sesuai yg diharapkan, selain itu konsumen jg mendapatkan produk unggulan yg ramah lingkungan.

    BalasHapus
  10. Menurut saya CSR merupakan salah satu media yang menghubungkan antara perusahaan dengan masyarakat. Dengan adanya hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat tentu diharapkan akan memberikan feedback yang baik juga bagi perusahaan

    BalasHapus
  11. Septiadi Putranto
    08121070

    Menurut Pendapat saya, CSR merupakan bentuk program perusahaan yang harus dilaksanakan, mengapa, karena perusahaan tidak boleh hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga harus mementingkan stakeholdernya, dengan menjalankan CSR perusahaan akan mendapat respon positf dari stakeholder, dengan adanya respon positif dari stakholder perusahaan akan maju. sekian pendapat saya

    BalasHapus
  12. Menurut saya, penerapan CSR yaitu untuk memperoleh keuntungan financial, tetapi sudah selayaknya setiap perusahaan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Yang dapat menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar lokasi produksi dan bekerjasama dengan stakeholder untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan memberdayakan masyarakat dalam bidang :
    1. Pengembangan Ekonomi, misal : kegiatan di bidang pertanian dan UKM (Usaha Kecil Menengah).
    2. Kesehatan dan Gizi Masyarakat, misal : penyuluhan dan pengobatan.
    3. Pengelolaan Lingkungan, misal : pengelolaan sampah Rumah Tangga, penanganan limbah
    4. Pendidikan, Ketrampilan, dan Pelatihan, misal : pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan siswa yang tidak mampu.
    5. Sosial, misal : kegiatan kerja bakti

    BalasHapus
  13. Menurut saya, penerapan CSR dalam perusahaan yaitu dapat meningkatkan image perusahaan di mata masyarakat lingkungan eksternal perusahaan dan juga karyawan, sebagai bagian dari lingkungan internal perusahaan. Dan CSR juga dapat memperoleh keuntungan financial, namun harus memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  14. Menurut saya CSR itu merupaka salah satu program perusahaan untuk membantu meningkatkan kualitas eksternal perusahaan.. baik sosial atau pun lingkungan..
    Dengan adanya program CSR perusahaan - perusahaan tidak lagi mementingkan kepentingan dalam mencari keuntungan saja tetapi juga membantu untuk membantu masalah - masalah lingkungan dan sosial..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. menurut saya penerapan CSR bagus dan bermanfaat namun, masih adanya kendala seperti sasaran yg tidak tepat dan pengimplementasian yg kurang terarah dan menyimpang.
    terimakasih

    BalasHapus
  17. menurut saya CSR itu tanggung jawab perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan dan harapan stakeholders sehubungan dengan isu-isu etika, sosial dan lingkungan, di samping ekonomi. Atau sebagai bagaimana perusahaan mengelola proses bisnisnya untuk menghasilkan dampak keseluruhan yang positif.

    BalasHapus
  18. menurut pendapat saya, CSR itu sangat bagus, karena selain perusahaan dapat berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya khususnya, perusahaan juga dapat memperoleh keuntungan yang besar dari menerapkan CSR, yaitu antara lain image perusahaan yang positif, sarana promosi , yang ujung2nya adalah dapat meningkatkan penjualan dan profit perusahaan, walaupun dalam menerapkan CSR sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit..

    BalasHapus
  19. Good comment, pendapat anda dari hasil pemahaman sendiri ternyata lebih baik daripada sekedar menyalin tulisan org lain...OK!!

    BalasHapus
  20. buat saya CSR itu suatu cara buat perusahaan untuk dapat menjaga nama baik perusahaannya dimata masyarakat karena dapat memberikan dampak positif bagi masayarakat dan lingkungan sekitar...

    BalasHapus
  21. CSR adalah suatu tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Tanggung jawab ini dapat dilakukan dalam bentuk suatu kegiatan sosial maupun kegaitan yang memberikan kontribusi terhadap lingkungan. secara tidak langsung, dengan dilaksanakannya CSR oleh perusahaan, maka kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut akan meningkat dan akan memberikan efek positif terhadap perkembangan perusahaan di masa mendatang




    luthfi nurul amalia n
    07121066

    BalasHapus